Liputan6.com, Jakarta – Google dan YouTube bakal mematikan platform Google Podcast┬ápada 2024 mendatang, di mana nantinya konten-konten siniar atau podcast, akan dialihkan ke YouTube Music.

Awal tahun 2023, YouTube juga telah merilis fitur untuk menonton dan mendengarkan podcast melalui aplikasi YouTube Music di Amerika Serikat (AS), tanpa menarik bayaran.

Dengan fitur ini, penikmat siniar di YouTube Music akan bisa mengunduh, memutar di latar belakang, hingga beralih antara video dan audio sebuah konten.

YouTube juga mengungkapkan rencana mereka untuk meluncurkan Podcast di YouTube Music secara global sebelum akhir tahun ini.

Sebagai bagian dari investasi mereka yang ditingkatkan di sektor ini, YouTube pun memutuskan akan mengakhiri Google Podcasts.

“Pada tahun 2024 nanti, sebagai bagian dari proses ini, kami akan menghentikan Google Podcast,” tulis YouTube dalam blog resminya, dikutip┬áRabu (4/10/2023).

“Sebagai bagian dari proses ini, kami akan membantu pengguna Google Podcast beralih ke Podcast di YouTube Music,” kata perusahaan di bawah Google.

Perusahaan juga mengungkapkan, menurut riset Edison, sekitar 23 persen pengguna podcast mingguan di AS mengatakan YouTube jadi layanan yang sering dipakai, dibandingkan Google Podcast yang cuma 4 persen.

YouTube juga akan membantu perpindahan ke YouTube Music dengan menyediakan “alat migrasi sederhana dan kemampuan untuk menambahkan umpan RSS podcast ke perpustakaan YouTube Music mereka.”

Selain itu, mereka juga akan menawarkan tools yang memungkinkan pengguna mengunduh file OPML dari siniar langganan mereka, memungkinkan mereka mengunggahnya ke platform lainnya.

Dikutip dari The Verge, Google Podcast dirilis pertama kali di Android pada tahun 2018.

Platform ini menawarkan pengalaman buat pengguna mendengarkan siniar secara gratis, di mana mereka juga akan mendapatkan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Pada 2020, Google meluncurkan aplikasi Google Podcast dengan desain baru dan memboyongnya ke iOS. Platform ini juga dirilis dalam ke web, Windows, dan macOS.

Google dan Youtube Indonesia berkomitmen menghadirkan Pemilu 2024 yang damai tanpa hoaks. Komitmen itu diwujudkan dalam peluncuran acara Yuk Pahami Pemilu.

Leave a Reply